7 Fakta Menarik Timnas Panama di Piala Dunia 2018

Timnas Panama di Piala Dunia 2018

Babak Kualifikasi Piala Dunia 2018 sudah lama usai dari berbagai zona dan laga yang krusial. Salah satunya zona CONCACAF atau Amerika Utara. Dalam zona ini terdapat 6 negara, yakni Mexico, Kosta Rika, Panama, Honduras, Amerika Serikat, hingga Trinidad and Tobago.

Timnas Panama sendiri masuk ke babak Piala Dunia 2018 untuk kali pertama dalam catatan sejarah mereka setelah timnas ini sukses mengalahkan Kosta Rika dengan skor 2-1. Selain itu, Panama juga memiliki beberapa fakta menarik. Berikut ulasan lengkapnya.

  1. Debutan Kedua

Panama ternyata adalah negara debutan kedua di Piala Dunia 2018. Sebelumnya, Islandia juga jadi negara debutan setelah menang atas Kosovo dengan skor 2-0.

  1. Prestasi Terbaik

Sebelumnya, prestasi tertinggi Panama di laga internasional hanya menjadi juara Piala Amerika Tengah di tahun 2009 silam. Selain itu, mereka juga mencatatkan dua kali sebagai runner-up Piala Emas 2005 dan 2013.

  1. Prestasi Hernan Gomez.

Selain Panama, Pelatih Hernan Gomez pernah membawa timnas Ekuador kali pertama ke Piala Dunia 2002 yang lalu. Pelatih Kolombia yang sudah jadi pelatih Panama sejak tahun 2014 tersebut sukses menjadikan timnasnya mulai ditakuti.

  1. Kontroversi Hernan Gomez

Walau berprestasi, Hernan juga pernah memiliki berita miring saat menjadi pelatih timnas Kolombia. Pria 61 tahun tersebut pernah berhenti dari jabatannya karena memukul wanita di sebuah bar pada 2011. Gomez disebut-sebut tersinggung karena si korban mengkritik timnas Kolombia. Setelah itu, Gomez kemudian mengundurkan diri di bulan Agustus 2011, padahal dia baru melatih Kolombia sejak Mei 2011.

  1. Gol Kontroversial

Dalam laga kontra Kosta Rika, kemenangan Panama dinilai penuh kontroversial. Pasalnya, gol awal mereka diciptakan penyerang Blas Perez dengan tidak melewati garis gawang.

  1. Dendam pada Amerika

Keberhasilan melawan Amerika Serikat dalam babak kualifikasi Piala Dunia 2018 saat ini adalah balas dendam dari kekalahan mereka di babak kualifikasi Piala Dunia 2014 lalu. Kala itu, mereka kalah setelah laga terakhir dikalahkan timnas Amerika dengan skor 2-3.

  1. Gol Paling Sedikit

Dari timnas lainnya di babak selanjutnya Piala Dunia 2018, timnas Panama adalah tim dengan catatan gol sedikit. Mereka hanya dapat menciptakan 9 gol dari 10 laga dan kemasukan 10 gol.