Banding Ditolak, Liverpool Tampil Tanpa Sadio Mane

Liverpool akhirnya tak berhasil dalam permohonan banding sehubungan dengan kartu kuning kedua Sadio Mane di akhir minggu yang lalu, kala the Reds dikalahkan dengan telak Manchester City, yakni 0-5.

Dalam laga yang dilaksanakan di Etihad itu, pemain Timnas Senegal tersebut memperoleh kartu kuningg yang kedua, karena terlihat memainkan kaki begitu tinggi hingga terkena pada wajah kiper Manchester City, yakni Ederson Moraes.

Kiper dari Brasil tersebut kemudian meninggalkan lapangan karena cedera di wajahnya. Terdapat luka memar dan berdarah di pelipisnya dan mata kirinya. Hal ini dikarenakan kerasnya bagian lapisan bawah sepatu Sadio Mane.

The Reds sejatinya mengawali permainan tersebut dengan baik, sebelum akhirnya menerima keputusan dari wasit Jon Moss yang menjadikan mereka hanya dapat bermain dengan hanya 10 pemain kala the Citizens yang kian menyerang mereka. Akhirnya, tim Pep Guardiola sukses menang dan mencatatkan empat gol setelah Mane tak bermain.

Tim Merseyside tersebut sebelumnya bersikeras melakukan banding supaya hukuman pada Mane dapat di ringankan. Alasannya adalah jika Liverpool dan pihak yang lain merasa jika hukuman dari Moss begitu berlebihan.

Sadio Mane terlihat tak melakukan itu dengan unsur kesengajaan. Semuanya berlangsung dengan alami karena keduanya tengah berupaya mendapatkan bola. Akan tetapi, sepertinya respon Jon Moss yang kemudian memberikan kartu merah memang berkaitan dengan aturan sepakbola dalam Inggris.

Hukum 12 dari peraturan sepakbola FA tertulis jika pemain bersalah karena adanya pelanggaran serius, jika dia memakai kekuatan atau tindakan fisik yang berat pada lawan kala memperebutkan bola di lapangan. Hal ini mendapat hukuman yang serius, karena pelanggarannya serius.

Peristiwa ini mencatatkan jika Mane melakukan pelanggaran dari tujuh pelanggaran dengan sanksi kartu merah. Dengan ini, Liverpool sepertinya harus menerima hukuman itu, dan bermain di laga selanjutnya tanpa pemain andalan ini.

Walau begitu, pemain 25 tahun itu tetap akan ikut ambil bagian di Liga Champions minggu ini. namun, saat laga kontra Burnley di Liga Premier dan laga melawan Leicester City, di kompetisi Piala EFL dan Liga Premier, nampaknya Sadio Mane harus absen.