Dua Timnas Ini Jadi Pelengkap Lima Timnas dari Afrika di Piala Dunia 2018

Akhirnya lengkap lima wakil Afrika dalam perhelatan Piala Dunia 2018 mendatang. Timnas Tunisia dan timnas Maroko merupakan dua wakil yang melengkapi daftar timnas dari Benua Hitam yang akan berjuang di Rusia.

Timnas Tunisia dan timnas Maroko secara pasti lolos ke babak final usai melaksanakan laga pamungkas di kualifikasi zona Konfederasi Sepakbola Afrika, pada Minggu (12/11/2017) dini hari WIB tadi.

Tunisia sendiri bermain dengan Libya yang dilaksanakan di Stadion Olympique de Rades, Rades, dengan hasil seri tanpa gol yakni 0-0 selama 90 menit. Hasil tersebut cukup untuk membuat mereka masuk ke babak final di Piala Dunia 2018 yang akan datang.

Tunisia merupakan juara Grup A dengan hasil 14 poin dari empat keberhasilan dan dua kali seri. Tunisia lebih banyak satu poin atas Kongo yang ada di peringkat kedua. Karena hanya juara grup yang akan masuk ke Piala Dunia di Rusia nanti, keberhasilan dari Republik Demokratik Kongo atas Guinea dengan skor 3-1 pada laga pamungkan akhirnya tak memberikan hasil apa-apa.

Di sisi lain, Maroko secara pasti mendapatkan satu tempat setelah menang atas Pantai Gading dengan skor 2-0 pada laga yang dilaksanakan di Stade Felix Houphouet-Boigny, Abidjan. Dua gol Singa Atlas yang diciptakan oleh Nabil Dirar di menit ke-25 dan Medhi Benatia lima menit setelah itu.

Keberhasilan tersebut menjadikan timnas Maroko masuk ke babak selanjutnya dalam kompetisi besar ini sebagai tim di posisi atas Grup C dengan hasil 12 poin dari enam laga. Mereka mengalahkan Pantai Gading, yang menjadi tim di posisi kedua dengan mengumpulkan delapan poin.

Kesuksesan timnas Tunisia dan timnas Maroko menjadikan Afrika sudah memiliki lima timnas yang ditentukan FIFA bermain di Piala Dunia 2018 mendatang. Sebelumnya sudah ada Nigeria, Mesir, dan Senegal yang meneguhkan posisi di daftar tersebut.