FIFA Pastikan Teknologi Video Hadir di Piala Dunia 2018

FIFA baru saja meresmikan video assistant referees (VAR) atau penggunaan teknologi video untuk membantu para wasit pertandingan dalam melancarkan pergelaran Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang.

Kepastian itu disampaikan langsung oleh presiden FIFA, Gianni Infantino dengan berharap teknologi video pada pertandingan-pertandingan Piala DUnia 2018 bisa membantu kelancaran pargelaran sepakbola empat tahunan tersebut.

VAR sejatinya telah dilakukan tes uji coba dalam pertandingan-pertandingan domestik dan di Piala Dunia Antarklub 2016 kemarin, teknologi video juga telah membantu wasit membuat dua keputusan yang tepat di laga persahabatan antara Prancis kontra Spanyol Maret lalu.

Infantino juga menambahkan hasil positif yang diberikan oleh VAR telah membuat banyak perubahan termasuk mendapat banyak dukungan dari berbagai pihal. Dengan demikian tak ada pihak yang merasa dirugikan.

“Kami akan menggunankan teknologi video untuk membantu melancarkan pertandingan, karena sejauh ini kami telah melihat hasil yang positif,” terang Infantino dalam acara konfederasi sepakbola Amerika.

“2017 telah menjadi titik awal perubahan itu datang, dimana dalam hitungan detik para penonton yang ada dirumah bahkan distadion akan bisa melihat kesalahan yang dilakukan oleh wasit, kami tidak ingin berada di situasi yang membuat wasit menjadi satu-satunya yang tidak bisa melihat itu.” tandasnya.

Sejatinya Pargelaran Piala Dunia 2018 Rusia baru akan digelar pada bulan Juni mendatang. Sampai sekarang ini babak kualifikasi masih bergulir dari berbagai benua dan Rusia sendiri telah siap menjadi tuan rumah turnamen terakbar Dunia tersebut. Bagi berminat menemukan berita bola terbaru lainnya, dapatkan di goldewa