Ini Gaji Pelatih Baru Everton, Bikin Iri

Everton hanya berada di posisi ke-13 di Liga Inggris sekarang ini. Namun, gaji pelatih sepakbola yang satu ini membuat pelatih tim lainnya iri. Disebutkan jika Sam Allardyce baru gabung dengan klub ini dan akan segera diumumkan secara resmi sebagai pelatih anyar The Toffees.

Everton memang menyudahi penantian mereka akan pelatih baru dengan memilih Sam Allardyce sebagai pelatih barunya. The Toffees memilih mantan pelatih timnas Inggris tersebut, lebih dari enam minggu setelah mereka memecat Ronald Koeman. Enam minggu yang lalu.

Pelatih berumur 63 tahun itu, sudah melakukan tandatangan kontrak selama 18 bulan, seharga Rp 163 Milyar, yang artinya dia memperoleh gaji yang tinggi dari para pelatih ternama seperti pelatih Atletico Madrid yakni Diego Simeone, Max Allegri, hingga kepala PSG yakni Unai Emery serta pelatih Real Madrid yaitu Zinedine Zidane.

Kemungkinan nilai gaji pelatih sepakbola ini dikarenakan rasa putus harapan Everton dalam mendapatkan pelatih baru setelah banyak yang menolak mereka.

Petinggi dari The Toffees yakni Farhad Moshiri serta direktur sepakbola, Steve Walsh juga ikut andil dalam kesepakatan kontrak ini bersama Allardyce. Dia resmi diumumkan pada publik di Goodison Park sebelum laga Liga Inggris kontra West Ham, sebelum kemudian akan menjadi pemimpin tim dalam laga mereka kontra Huddersfield pada akhir pekan.

Moshiri kali pertama ikut dalam kesepakatan ini dengan Sam Allardyce yang sudah pernah gabung ke Sunderland dan Crystal Palace selama dua musim belakangan ini dan sukses menjadikan keduanya berada di divisi Premier League.

Negosiasi itu sempat terhambat karena The Toffees ingin menyediakan kontrak sampai penghujung musim selagi mereka mendapatkan pelatih lebih muda untuk mengemban tugas dalam durasi yang panjang.

Sejatinya, Big Sam sempat tak ingin menjalin kerjasama dengan pihak manapun. Akan tetapi, klub itu mengawali pembicaraan dengan dirinya setelah kegagalan tim 4-1 yang memalukan di Southampton, yang menjadika mereka terancam masuk ke tempat terdegradasi.

Sam Allardyce akhirnya mau menjadi pelatih kembali dengan asisten Liverpool yakni Sammy Lee, yang sudah menjadi rekan kerjanya di berbagai klub, termasuk di timnas Inggris. Craig Shakespeare dan Martyn Margetson serta Ryland Morgan juga dipilihnya.