Jelang Piala Dunia 2018, Aleksandar Kolarov Jadi Kapten baru Timnas Serbia

Aleksandar Kolarov, kapten baru timnas Serbia

Mladen Krstajic, pelatih timnas Serbia memutuskan mengangkat Aleksandar Kolarov sebagai kapten baru yang mengganti posisi Branislav Ivanovic. Pemilihan ini tepat sebelum laga ujicoba kontra Maroko, 23 Maret 2018 lalu dan melawan Nigeria pada Selasa yang lalu. Dua laga tersebut menjadi persiapan jelang Piala Dunia 2018 di Rusia nanti.

“Aleksandar Kolarov merupakan kapten tim yang baru, Nemanja Matic akan menjadi wakilnya. Saya berharap mereka dapat bertugas dengan baik seperti Ivanovic,” papar Mladen Krstajic.

Krstajic mengungkapkan alasan pengangkatan kapten timnas Serbia yang baru murni dari keputusan pihak manajemen Serbia. Hal ini dia jelaskan agar tidak ada masalah dan selisih paham dari pihak timnas dan Ivanovic, yang sampai saat ini merupakan bagian dari tim.

Dinilai sebagai pemain yang sudah memiliki banyak pengalaman, Ivanovic sudah menjabat sebagai kapten Timnas Serbia sejak tahun 2012 silam. Ivanovic juga merupakan satu-satunya pemain yang aktif di skuad timnas, sejak ikut debut dalam laga internasional di Piala Dunia Afrika Selatan pada tahun 2010 silam.

Akan tetapi, akhir-akhir ini, pemain St Petersburg itu sering mendapat kritikan dari fans dan pengamat dunia bola. Mereka menilai jika penampilan dan kemampuan Ivanovic kian terpuruk. Akan tetapi, hal tersebut tidak diperdulikan oleh Krstajic. Pelatih 44 tahun itu menilai jika Ivanovic sudah memberikan banyak hal untuk Serbia.

Sementara itu, Aleksandar Kolarov, kapten baru timnas Serbia yang satu kini tampil dengan baik di klubnya, AS Roma. Pemain 32 tahun tersebut sukses menjadikan Roma masuk ke babak perempat final Liga Champions atas Shaktar Donestk. Dengan Serbia, Kolarov juga sudah tampil di 72 laga dengan 10 gol.

Di sisi lain, pihak Federasi Sepak Bola Serbia juga baru memberhentikan Slavoljub Muslin dari posisi pelatih padahal dirinya sudah membawa Serbia ke Piala Dunia. Alasannya adalah Muslin selalu memakai strategi yang kurang efektif untuk sepakbola Serbia yakni 3-4-3. Selain itu, Muslin sering menampik saran dari FSS untuk memainkan pemain muda di skuadnya.

Saat ini, Krstajic menggantikan posisi Muslin dan dinilai masih terlalu cepat menjadi pelatih timnas. Mantan pesepakbola dari Werder Bremen ini akan memulai debutnya sebagai pelatih di Piala Dunia 2018 mendatang, ketika Serbia VS Kosta Rika sebagai laga pembuka Grup E pada 17 Juni nanti. Di Grup E, Serbia juga akan menghadapi timnas Brasil dan timnas Swiss.