Pemerintah Spanyol Tegur Pernyataan Pep Guardiola Soal Catalan

Pep Guardiola memperoleh teguran dari pihak pemerintah Spanyol sehubungan dengan pernyataan mengenai dedikasi keberhasilan dari laga Manchester City di kompetisi Liga Champions musim ini pada dua pemimpin Catalan yang sedang masuk penjara.

Pihak pemerintah melalui Inigo Mendez de Vigo mengungkapkan jika mereka memberikan peringatan tersebut setelah pernyataan sang pelatih Manchester City tersebut diterima secara dari sisi negatif pada Madrid.

Jordi Sanchez serta Jordi Cuixart, yang merupakan pemimpin Majelis Nasional Catalan dengan masing-masing Omnium Cultural, turut datang bersama di Pengadilan Tinggi di Madrid, Senin kemarin dan ditahan tanpa adanya jaminan karena mereka memperjuangkan kemerdekaan untuk Catalan.

Sanchez dan Cuixart adalah tokoh populer dalam referendum independen Catalonia di awal Oktober yang lalu, dan menilai sikap dan tindakan mereka tak resmi dari pihak pemerintah Spanyol, dan penangkapan mereka memicu protes pada hari Selasa.

Mengenai kondisi itu setelah Manchester City menang atas Napoli dengan skor 2-1 untuk melakukan tiga keberhsaialn dari tiga di Grup F, Pep Guardiola yang sudah aktif dalam kampanye kemerdekaan Catalan di sisi asalnya, mengatakan pada wartawan jika ini merupakan waktu yang tepat untuk mendedikasikan kemenangan ini pada mereka semua

“ Kami sudah memaparkan di Catalan bahwa kewarganegaraan lebih utama dari gagasan mereka. Omnium dan ANC selalu berupaya bersama warga, memberikan ekspresikan gagasan mereka tentang apa yang kami mau. Sekarang ini, kondisi masih sama dan kami berharap mereka dapat segera dibebaskan karena saat ini kami merasa ada di sana.”

Akan tetapi, Mendez de Vigo, Menteri Pendidikan, Kebudayaan serta Olahraga Spanyol, memaparkan jika pandangan Pep Guardiola mengenai politik sama seperti yang saya nilai tentang fisika nuklir.

“ Jelas saya merasa jika pendapat seorang atlet atau, mengenai seseorang, saat dia membicarakan mengenai hal-hal lain yang tidak dia ketahui atau lakukan dengan baik seperti yang saya rasakan kala saya membicarakan mengenai fisika nuklir. Ini merupakan kesalahan. Namun, pendapat Pep Guardiola mengenai politik itu adalah pendapat dia, ” ucapnya lagi.