Selalu Cedera, Legenda AC Milan Ini Pikirkan Pensiun

Mantan pemain dari AC Milan, yakni Ricardo Kaka, sepertinya sedang memikirkan masa depannya ke depannya, apakah tetap melanjutkan karir atau pensiun dari dunia bola. Pesepakbola dunia ini memang sudah memasuki umur ke-35 tahun, pemain dari Brasil tersebut mengaku sudah tak nyaman bermain di lapangan.

Ricardo Kaka pernah mencapai puncak karir, salah satunya di AC Milan selama enam tahun. Kini, pemain ini sudah tergabung di Orlando City. Bersama klub dari Major League Soccer (MLS) tersebut sejak tahun 2015 yang lalu. Salah satu pesepakbola dunia ini sudah bermain di lebih dari 77 laga, dengan hasil 25 gol, dan 19 assist.

” Saya merasa tak senyaman dulu kala bermain di lapangan. Itu disebabkan karena saya merasa tak fit usai selesai berlaga. Tubuh saya tak sekuat dulu, kini saya sudah masuk ke umur yang ke-35 tahun, ini begitu sulit jika harus berlaga dan berlatih setiap harinya, ” papar Kaka.

Sejatinya, karir cemerlang Kaka mulai menurun sejak tak bersama AC Milan lagi. Ia masuk dalam daftar pemain yang menjadi tumbal demi menyelesaikan masalah finansial Milan yang dilepas ke Real Madrid di bursa transfer tahun 2009 silam.

Selama di Real Madrid, dirinya hanya mencatatkan 29 gol dan 39 assist dari 120 laga. Peranannya begitu berbeda kala bermain di Milan. Selama enam musim, dia mencatatkan 104 gol dan 55 assist dari 306 laga.

Dengan AC Milan, dirinya mendapatkan satu piala Liga Italia, Piala Super Italia, serta Liga Champions, ada juga Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Prestasi terbaiknya saat mendapatkan Ballon d’Or di tahun 2007 silam.

Akan tetapi, selama beberapa musim ini, Kaka memang selalu dibekap masalah cedera, khususnya penyakit hernia. Setelah empat musim di Real Madrid, ia sempat menjadi pemain pinjaman ke Milan lalu di lepas ke Orlando City.

” Saya ingin punya masa depan seperti Zinedine Zidane. Ia tak bermain lagi, namun, menjadi pelatih yang hebat. Dia mengawalinya dengan bekerja di tim akademi. Saya sepertinya akan mengikuti jejaknya, ” tutup Kaka.