Tinggalkan Bilbao, Rumor Valverde ke Barca Menguat

Ernesto Valverde

Ernesto Valverde diisukan menjadi calon utama nahkoda baru Barcelona. Jelang beberapa hari sebelum Los Cules mengumumkan etrenadore anyar, Valverde memutuskan untuk mengundurkan diri dari klubnya Athletic Bilbao.

Orang nomor satu di Barca, Josep Maria Bartomeu, sudah menyatakan jika klubnya bakal mengumumkan sosok manjaer baru pada Senin (29/5/2017) nanti. Manajer baru tersebut nantinya bakal menggantikan Luis Enrique, sudah sejak lama memutuskan untuk mundur begitu musim ini berakhir.

Enrique masih memiliki satu tugas terakhir bersama Los Cules yakni pertandingan final Copa del Rey menghadapi Alaves, Sabtu (27/5/2017).

Isu Valverde bakal jadi suksesor Enrique kian berhembus kencang usai dirinya memastikan tidak lagi menukangi Bilbao musim 2017 mendatang.

“Ernesto Valverde memilih tidan akan melanjutkan karier pelatih di tim ingi Athletic Club pada musim 2017/2018,” tulis Athletic dalam pernyataan singkatnya yang dikutip Sky Sports.

Penjelasan lebih detil perihal mundurnya Valverde ini bakal dilangsungkan dalam konferensi pers di San Mames pada Rabu (24/5), yang mana Valverde bakal ditemani oleh presiden klub, Josu Urrutia.

Pria berusia 53 tahun tersebut menukangi Bilbao dalam dua periode berbeda, yakni pada 2003-2005 dan 2013 sampai sekarang. Ia pernah membawa anak asuhnya mencapai babak final Copa del Rey dan perempatfinal Liga Europa.

Valverde pun memimpin Bilbao menjuarai trofi Piala Super Spanyol pada 2015 lalu. Kala itu tim besutannya memimpin agregat 5-1 atas Barca.