Zidane Tidak Meraih Kesuksesan Dengan Instan

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane langsung meraih kesuksesan di tahun pertama membesut tim utama Real Madrid. Raihan Zidane tersebut dinilai tidak diperoleh secara instan.

Zidane sukses mengantarkan El Real meraih tiga gelar juara di sepanjang tahun 2016. Trofi-trofi yang berhasil dimenangkannya tersebut antara lain adalah Liga Champions, Piala Super Eropa, serta yang paling baru adalah Piala Dunia Antarklub.

Prestasi Zidane tersebut juga sudah mulai mendapat pengakuan. Manajer berkepala plontos tersebut masuk ke dalam kandidat pelatih calon penerima penghargaan pelatih terbaik versi FIFA tahun 2016.

Mantan rekan Zidane di tim nasional Prancis, Bixente Lizarazu, mengungkapkan jika kesuksesan itu tidak didapatkan oleh Zidane dalam waktu yang singkat. Sebelum menjadi pelatih kepala, Zidane pernah menjadi asisten Carlo Ancelotti saat Don Carlo menangani Real Madrid.

“Zizou tidak sampai di sana secara instan. Kariernya sudah dibangun dalam kurun waktu yang lama dengan konsistensi di momen penting,” kata Lizarazu di As.

“Zizou sudah menjalani banyak momen luar biasa bersama tim nasional Prancis dan juga Real Madrid, dan keseluruhan kariernya sangat luar biasa.”

“Dia sudah melakukan sebuah awal yang sangat bagus untuk seorang pelatih, namun untuk saya itu merupakan suatu hal yang dibangun dalam periode yang lama. Sangat sulit untuk memenangkan Liga Champions, bahkan bagi seorang pelatih yang sudah berpengelaman,” imbuhnya.