Denmark mengamankan tempat Piala Dunia setelah mengalahkan Austria.

Denmark menjadi negara Eropa kedua yang mencapai Piala Dunia 2022 setelah kemenangan kandang 1-0 atas Austria pada Selasa membuat mereka memuncaki Grup F kualifikasi dengan keunggulan tujuh poin yang tak tergoyahkan atas Skotlandia yang berada di posisi kedua. SG Lotto

Setelah Jerman melaju ke turnamen yang diikuti 32 negara di Qatar pada Senin, Denmark mengamankan tempat mereka sendiri dengan dua pertandingan tersisa saat gol pada menit ke-53 dari Joakim Maehle membantu mereka meraih kemenangan kualifikasi kedelapan berturut-turut.

Denmark dan Jerman bergabung dengan Qatar, yang otomatis mendapat tempat di putaran final sebagai negara tuan rumah. Hanya juara grup dari kualifikasi Eropa yang langsung lolos sementara runner-up masuk babak playoff.

Denmark telah mencetak 27 gol dan sejauh ini tidak kebobolan di kualifikasi Piala Dunia, dengan perjalanan mereka ke final didukung oleh beberapa sepak bola mengalir bebas yang mengesankan. Menyusul adegan-adegan yang menggembirakan ketika Denmark saling mengerumuni setelah peluit akhir dibunyikan, kapten Simon Kjaer menekankan bahwa mereka sekarang ingin membuat dampak di Qatar setelah melewati babak kualifikasi.

“Kami membangun kru dan mentalitas yang sangat sehat dan kami sangat ingin berkembang setiap saat,” kata bek tengah berusia 32 tahun itu kepada televisi Kanal 5 negara itu. “Kami berbagi yang terbaik satu sama lain dan menambahkan bahwa dengan kualitas yang kami miliki, kami dapat melangkah jauh. Kami telah menempuh perjalanan jauh tetapi kami hanya menjadi lebih lapar.”

Untuk semua bakat dan potensi serangan mereka, Denmark memang terlihat gelisah untuk waktu yang lama melawan tim Austria yang terorganisir dengan baik yang mengemas lini tengah mereka untuk memotong rute pasokan. Kiper tamu Daniel Bachmann menggagalkan upaya Andreas Skov Olsen dan Mikkel Damsgaard di babak pertama dan kemudian menggagalkan upaya Thomas Delaney pada menit ke-48 saat tim tuan rumah berjuang untuk menciptakan peluang yang jelas.

Namun, Bachmann tidak berdaya lima menit kemudian, saat momen terbaik pertandingan Denmark menghasilkan gol brilian dengan Delaney di jantung pergerakan yang menakjubkan. Gelandang tengah melewati empat penjaga gawang melalui tengah dan kemudian memberi umpan kepada Maehle untuk melepaskan tembakannya dari jarak delapan meter di dalam tiang dekat dan menyenangkan para penggemar tuan rumah di Stadion Parken yang penuh sesak.

Delaney sangat gembira setelah pertandingan saat Denmark berhasil mencapai Piala Dunia kedua berturut-turut, setelah mencapai babak 16 besar di turnamen 2018 sebelum maju ke semifinal Euro 2020 tahun ini.

“Ini menyenangkan sepanjang, di setiap pertandingan,” katanya. “Dukungan yang kita punya. Unik, apa yang kita ciptakan, bisa kita banggakan.”

Maehle menambahkan: “Ini sangat berarti, ini adalah salah satu malam paling keren di Taman dalam waktu yang lama. Ini fantastis. Sangat kuat bagi kami untuk menang di sini, dan kami mendapat tiket ini ke Piala Dunia.”